Mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan

Mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan

Para penyandang disabilitas seringkali menghadapi keraguan dalam menentukan peran yang akan diambil di dunia kerja. Tidak sedikit jumlah pengangguran terdidik ditengah masyarakat yand sebabkan oleh beragam hal. Namun, permasalahan tersebut seharusnya tidak menjadi penegasa bagi para penyandang disabilitas bahwa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan itu susah. Mereka mungkin beranggapan bahwa mereka yang normal saja tidak mampu untuk memenuhi standar yang disyaratkan oleh duni kerja apalagi mereka penyandang disabilitas. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, mereka masih merasa minder untuk berkompetisi di dunia kerja. Padahal, saat ini tidak ada lagi diskriminasi antara para penyandang disabilitas dengan lainnya karena sebetulnya yang menyebabkan permasalahan tersebut adalah tingkat kualifikasi dunia kerja yang tidak mampu dipenuhi.

Selain itu, secara lebih spesifik angka pengangguran yang semakin meningkat ditimbulkan dari adanya peluang pekerjaan yang kurang proporsional. Sementara, perkerjaan tertentu yang dibuka dengan jumlah lowongan yang sangat terbatas memiliki sarjana di bidang tersebut yang jumlahnya sangat banyak. Disisi lain, terdapat bidang-bidang yang justru membutuhkan banyak lowongan. Dengan demikian, sebaiknya keahlian yang ditekuni memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang. Sehingga apa yang telah telah diupayakan akan benar-benar terbayarkan. Pertimbangan pada beberapa hal menjadi penting ketika ingin mendapatkan pilihan yang strategis yang menguntungkan dari beragam aspek.

Selain itu, passion juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pekerjaan akan terasa beban jika tidak disukai. Sebaliknya, perkerjaan akan terasa menyenangkan jika disukai. Beberapa orang merasa telah menemukan passion yang ingin ditekuni sementera sebagian lainnya belum yakin untuk memutuskan bidang mana yang akan menjadi passionnnya.

Para penyandang disabilitas yang telah menemukan bidan khusus yang ingin ditekuni tidak perlu merasa minder dengan mereka yang normal. Dalam hal ini, keterampilan dan pengalamanlah yang menentukan profesionalitas. Sehingga, pilihan yang strategi yaitu segera berproses pada suatu bidang tertentu hingga benar-benar dapat diandalkan. Berlatih secara terus-menerus adalah wujud mencintai bidang tersebut. Dengan demikian, apa yang anda berikan dapat benar-benar bernilai di masyarakat.

Comments are closed.

Share This