Apa Penyebab Kemacetan Wi-Fi?

Apa Penyebab Kemacetan Wi-Fi?

Apakah koneksi nirkabel Anda payah? Anda bisa menderita kemacetan Wi-Fi. Masalah kemacetan sering terjadi di kompleks apartemen atau lingkungan dengan kepadatan populasi tinggi. Untungnya, masalahnya tidak sulit untuk diperbaiki. Sementara itu, anda bisa menggunakan layanan internet desa terpercaya jika anda ingin mendapat akses lancar internet di kawasan yang jauh dari kota-kota besar halaman.

Bayangkan menara stasiun radio. Di wilayah mana pun mungkin ada puluhan stasiun. Setiap menara radio menembakkan gelombang radiasi yang tidak terlihat, yang dikenal sebagai frekuensi, dari menara ke radio Anda. Menyesuaikan putaran radio mengubah saluran. Tetapi bagaimana jika dua stasiun disiarkan di saluran yang sama?

Untungnya, mereka tidak begitu. Pemerintah mengatur radio dengan cara yang sama mereka mengatur frekuensi internet nirkabel. Jika setiap pemancar stasiun radio menggunakan frekuensi yang sama, Anda akan mendengar hiruk-pikuk suara yang terdistorsi – rasanya seperti mencoba mengisolasi satu suara di pesta yang sangat ramai.

Sama seperti radio, Wi-Fi adalah bentuk radiasi tak terlihat. Seperti semua bentuk radiasi, bentuk fisik atau frekuensi Wi-Fi, sangat mirip gelombang. Ini juga tidak terbatas pada bentuk tunggal – ada beberapa jenis frekuensi Wi-Fi yang digunakan oleh komputer, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Sementara regulator pemerintah melakukan kontrol ketat atas bagaimana perangkat terhubung ke setiap frekuensi, ada keterbatasan inheren dalam teknologi 2,4 GHz.

2,4 GHz menawarkan 3 saluran non-tumpang tindih yang mengecewakan. 5 GHz menawarkan 23 saluran yang tidak tumpang tindih – dan jangkauannya yang lebih pendek berarti lebih sedikit sinyal radio yang tumpang tindih.

Masalah dengan 2,4 GHz: Sebagian besar teknologi konsumen, termasuk Bluetooth dan beberapa teknologi Wi-Fi, menggunakan frekuensi yang sama dan 2,4 GHz hanya memiliki tiga saluran yang tidak tumpang tindih. Selain itu, 2,4 GHz memiliki jangkauan panjang, yang mengarah ke berbagai sinyal Wi-Fi yang saling menginjak satu sama lain.

Solusinya sederhana: Identifikasi saluran mana yang tidak macet dan alihkan perangkat Anda ke sana. Jika itu tidak berhasil, pikirkan tentang mengganti router Anda ke model 5 GHz (inilah alasan model router dual-band bekerja.) Ingatlah bahwa banyak router yang menawarkan tri-band dan fitur lainnya. Pilihan terbaik adalah perangkat dual-band.

Comments are closed.